Sunday, March 15, 2015

PENGANTAR AKUNTANSI 2 -- Sistem Akuntansi Manual VS Komputerisasi

Nama  : Christella Sutjiadi
NPM    : 22214378
Kelas   : 1EB31




ARGUMENTASI TENTANG AKUNTANSI MANUAL DAN AKUNTANSI KOMPUTERISASI

Sebelum adanya software akuntansi komputer, akuntansi manual menjadi sistem yang digunakan semua instansi. Akuntansi manual memiliki kelebihan, antara lain pembagian tugas dalam menjalankan sistem. Dengan adanya pembagian tugas, laporan keuangan tidak rawan kekeliruan dan penyimpangan yang dilakukan oleh staff akuntan. Lain halnya dengan sistem akuntansi yang hanya dikerjakan satu orang menjadi rentan kesalahan dan kecurangan. Selain itu, sistem akuntansi manual juga dapat meminimalisir biaya. Pada perusahaan-perusahaan kecil berkembang, sistem ini cocok digunakan karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli software akuntansi.
            Namun dari beberapa sisi, akuntansi berbasis komputer lebih banyak memiliki kelebihan. Sistem akuntansi komputer lebih cepat dalam mengelola laporan dikarenakan sistem posting otomatis dan penyusunan laporan otomatis. Pengguna hanya perlu memasukan data dalam  bukti transaksi yang tersedia, setelah itu sistem akan langsung memproses data dan informasi dapat segera diperoleh. Selain itu, sistem akuntansi komputer memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Dibanding dengan sistem akuntansi manual yang harus menekan kalkulator dan rentan kesalahan penulisan, akuntansi komputerisasi akan lebih akurat dalam menjumlahkan hasil. Akuntansi komputer juga lebih menghemat kertas, karena perusahaan hanya perlu mencetak informasi yang diinginkan saja sementara informasi lain yang tidak diperlukan hanya akan disimpan di dalam software.

            Kesimpulannya, sistem akuntansi manual dan komputerisasi sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Sistem akuntansi manual cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan baru dan berkembang yang jumlah transaksinya masih sedikit, atau perusahaan dapat juga menggunakan Ms. Excel untuk mengelola data jika ingin menggunakan sistem akuntansi komputer. Sementara untuk perusahaan yang besar yang melakukan banyak transaksi lebih baik menggunakan sistem akuntansi berbasis komputer dalam bentuk software.

No comments:

Post a Comment